Garden Plant

Yuk Menanam Pohon

Di rumahku ada cukup banyak tanaman ..sampai jadi seperti hutan ..hehehe :)
Soalnya Jakarta panas, karena itu harus ada tanaman agar suasana jadi terasa lebih sejuk dan juga tanaman bisa membantu mengurangi polusi udara.

Tanaman yang ada di rumahku antara lain:
1. Zodia, Geranium, dan Rosemary
Tanaman Pengusir Nyamuk katanya, tetapi nyamuk di rumah tetap saja banyak.
Tanaman zodia berasal dari Irian Jaya. Kalau daunnya digoyang-goyangkan akan menebarkan bau yang tidak enak. Saya sampai punya 5 tanaman ini dan kelimanya sudah cukup besar.
Saya juga menanam geranium dan rosemary. Geranium baunya juga tidak enak. Nah, kalau rosemary ..baunya memang enak.
Tetapi baik zodia, geranium, maupun rosemary tetap nggak ada yang mempan sama nyamuk :(
Sepertinya satu-satunya jalan ya harus menjaga kebersihan agar tidak ada air yang menggenang. Juga sebaiknya di pintu dan jendela rumah diberi kawat anti nyamuk ..mungkin itu yang paling efektif :)

2. Bambu berbatang kecil dan tingginya hanya sktr 1,5 m
Di China, bambu dianggap sebagai simbol umur panjang dan kekuatan/kelenturan. Disebut demikian karena bambu merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang bisa tahan terhadap segala cuaca. Bambu bisa tahan di musim kemarau sampai musim dingin sekalipun. Juga walaupun berbatang kecil, tetapi bambu tahan terhadap hembusan angin yang kuat.

3. Sirih gading
Sirih gading merupakan salah satu tanaman yang bagus untuk membersihkan udara dari polutan. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman gantung.

4. Anggrek
Katanya sukar merawat anggrek, tetapi ternyata nggak sukar kok. Malah boleh dibilang mudah. Ada 3 jenis anggrek yang paling dikenal:
a. Phalaenopsis
b. Dendrobium
c. Vanda
Yang saya tanam yang jenis dendrobium, karena harganya murah dan memang hidup di dataran rendah. Kalau Phalaenopsis biasanya hidup di dataran tinggi, anggrek bulan termasuk jenis phalaenopsis. Vanda bagus, dan menanamnya tidak perlu menggunakan media tanam ..cukup diangin2kan dan disemprot dengan air. Tetapi harga anggrek jenis vanda ini sangat mahal

5. Paku-pakuan
Saya tidak tahu jenis paku-pakuan yang saya tanam. Tetapi paku-pakuan saya ini daunnya suka rontok dan mengotori rumah. Saya mau ganti dengan paku-pakuan jenis yang lain.

6. Pinang merah
Di china pinang merah sering dibilang pohon fengshui. Katanya hongshuinya bagus. Kalau di jawa dibilang katanya pinang merah ini mampu mengusir roh-roh jahat, santet, teluh, dan sebagainya.
Ya mungkin akal-akalan penjualnya kali ya ..agar harganya bisa tinggi :)

7. Sambiloto
Tanaman ini dikenal sebagai tanaman herbal. Bisa mengobati berbagai macam penyakit, mis: batuk, influensa, diabetes, dll.
Tetapi ya ampuuun, rasa daunnya pahit sekali. Rasanya mirip dengan jamu pahitan. Sambiloto sangat mudah ditanam dan perkembangannya dari biji. 1 tanaman bisa menghasilkan puluhan atau ratusan biji-biji kecil, karena itu perkembangannya mudah. Tetapi sambiloto ini termasuk tanaman semusim, ya kalau udah berbunga dan kemudian menjadi biji, maka tananam ini akan mati untuk digantikan dengan anak-anaknya yang akan tumbuh dari bijinya.

8. Mahkota dewa
Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman herbal. Cuma hati-hati, bijinya jangan ikut dimakan karena katanya bijinya ini sangat toksik ..beracun.

9. Pachira
Tanaman ini di sini sering disebut sebagai pohon duit. Mungkin dibilang begitu karena kayu dari pohon ini diolah untuk dijadikan sebagai bahan kertas pembuat uang US dollar di Amerika.


lin